468x60 Ads

.

25/08/11

"Tips Aman Mudik Menggunakan Sepeda Motor "


Sebelum anda melakukan perjalanan mudik anda, ada baiknya anda memperhatikan tips - tips berikut:

1. Berdoalah sebelum berangkat, karena berdoa adalah suatu yang sangat berharga bagi ketentraman hati kita dijalan.

2. Sebelum kendaraan,persiapkan juga kesehatan anda semaksimal mungkin jangan sekali kali mudik dengan kondisi tidak fit. Jika memang harus terpaksa mudik lebih baik anda menggunakan bus atau kereta saja.

3. Bawalah motor anda ke bengkel yang terpercaya sebab tidak sedikit bengkel "nakal" yang memanfaatkan moment mudik ini untuk memperoleh keuntungan yang sebanyak-banyaknya.

4. Periksalah bagian motor yang terpenting diantaranya : Oli, roda, velg, busi, karburator, rantai, aki, penerangan dll. Jika ditemukan bagian yang tidak layak segera ganti dengan yang baru jangan berfikir ngirit untuk urusan nyawa anda karena ini adalah perjalanan jauh dan jaring maut siap menangkap anda.Lihat gambar ilustrasi di atas.



5. Bawalah barang bawaan seperlunya,bisa juga menggunakan box yang biasa di pasang di belakang motor anda agar anda lebih nyaman.

6. Ada peraturan baru dari kepolisian yaitu tidak boleh membawa penumpang lebih dari satu jika melanggar pasti akan di tindak. Perhatikan betul peraturan ini. Jangan coba-coba melanggarnya.

7. Jangan pernah menarget kan jam berapa anda akan sampai di kampung karena hal ini akan memicu anda untuk tergesa-gesa.Ingat, tergesa - gesa bisa bikin celaka.Buatlah perjalanan anda nyantai dan nyaman.

8. Bagi anda yang baru pertama kali mudik menggunakan motor jangan takut untuk nyasar karena nanti banyak sekali orang-orang yang anda temui dijalan yang mudik bareng anda. Lagi pula di perjalanan banyak petunjuk jalannya. ika anda masih tersesat juga jangan malu untuk bertanya.

9. Bawalah peta jika diperlukan

10. Minumlah minuman penambah stamina saat sahur maupun berbuka, dan sebisa mungkin ada teman yang bisa saling bergantian menjadi driver. Lebih konsentrasilah serta berhati-hatilah di daerah yang banyak berlubang.

11. Jika perlu bawalah P3K seperlunya.

12. Jika anda capek di tengah jalan berhentilah dan regangkanlah otot-otot leher,tangan,pinggang dan kaki anda.Jika mengantuk tidurlah sejenak.

13. Tanamkan dalam pikiran anda "Enjoy dan Santai...." dalam perjalanan anda,dengan demikian anda akan sangat menikmati mudik lebaran ini

14. Dan yang terakhir , Ingat , Bapak , Ibu, keluarga, saudara semua menunggu anda selamat sampai kampung halaman.

Selamat Mudik Lebaran , salam untuk keluarga semua dan kami doakan semoga selamat pada sampai tujuan



0 komentar:

Posting Komentar